Audit Berbasis Resiko

Audit Berbasis Resiko

1.             Beberapa konsep dasar terkait audir berbasis resiko :
A.   Reasonable Assurance (Asuransi Yang Layak)
Asuransi yang layak adalah asuransi yang tinggi, tetapi bukan pada tingkat tinggi yang mutlak (absolute level of assurance). Asuransi yang layak dicapai ketika auditor memperoleh bukti audit yang cukup dan tepat (sufficient appropriate audit evidence) untuk menekan resiko audit. Resiko audit adalah resiko dimana auditor memberikan opini yang salah ketika laporan keuangan disalahsajikan secara material. Auditor ingin menekan resiko audit ini ke tingkat rendah yang dapat diterima (to an acceptable low level).
B.  Inherent Limitations (Kendala Bawaan)
Kendala bawaan dalam audit :
Kendala
Alasan
Sifat Pelaporan Keuangan
Pembuat laporan keuangan memerlukan :
·      judgment manajemen dalam menerapkankerangka pelaporan keuangan, dan
·     keputusan atau penilaian subjektif oleh manajemen dalam memilih berbagai tafsiran atau judgment yang akseptable
Sifat Bukti Audit yang Tersedia
Kebanyakan pekerjaan auditor dalam merumuskan pendapatnya adalah mengumpulkan dan mengevaluasi bukti audit. bukti ini cenderung bersifat persuasif dan tidak konklusif
Sifat Prosedur Audit
Bagaimanapun bagusnya rancangan prosedur audit, ia tidak akan mampu mendeteksi setiap salah saji
Pelaporan Keuangan Tepat Waktu
Relevansi/nilai informasi keuangan cenderung menurun dengan lewatnya waktu. p;eh karena itu perlu ada keseimbangan antara kendala informasi dan biayanya

C.   Audit Scope (Lingkup Audit)
Setiap perluasan dari tanggung jawab audit yang utama, seperti yang mungkin ditetapkan dalam ketentuan perundang-undangan, mewajibkan auditor untuk melaksanakan pekerjaan tambahandan memodifikasi atau memperluas laporan auditor sesuai dengan perluasan tanggung jawabnya.
D.  Material Misstatement (Salah Saji Yang Material)
Salah saji yang material (Material misstatement) terjadi jika secaralayak dapat diharapkan, akan mempengaruhi keputusan ekonomis pemakai laporan keuangan.
Salah saji yang material bisa:
·     Terjasi secara sendiri-sendiri atau bersama
·     Berupa salah saji yang tidak dikoreksi (uncorrected misstatements)
·     Berupa pengungkapan yang menyesatkan (misleading disclosures)
·     Berupa kesalahan (error) atau kecurangan (fraud)

E.   Assertions (Asersi)
Asersi (assertions) adalah pernyataan (representations) yang diberikan manajemen, secara eksplisit atau implisit, yang tertanam didalam atau merupakan bagian dari (embodied in) laporan keuangan. Asersi berhubungan engan pengakuan (recognition), pengukuran (measurement), penyajian (presentation), dan pengungkapan (disclosure) dan berbagai unsur laporan keuangan.

2.   Risiko Audit
Risiko audit (audit risk) adalah risiko memberikan opini audit yang tidak tepat (expressing an inappropriate audit opinion) atas laporan keuangan yang disalahsajikan secara material. Tujuan audit ialah menekan risiko audit ini ke tingkat rendah yang dapat diterima auditor.
Untuk menekan risiko audit ke tingkat rendah yang dapat diterima, auditor harus :
·         Menilai risiko salah saji yang material; dan
·         Menekan risiko pendeteksian
Komponen utama risiko audit :
·     Inherent Risk (Resiko Bawaan)
Kerentanan suatu asersi (mengenai jenis transaksi, saldo akun, atau pengungkapan) terhadap salah saji yang mungkin material, sendiri, atau tergabung, tanpa memperhitungkan pengendalian terkait.

·    Control Risk (Risiko Pengendalian)
Risiko bahwa suatu salah saji bisa terjadi dalam suatu asersi (mengenai jenis transaksi, saldo akun, atau pengungkapan) dan bisa material, sendiri atau tergabung dengan salah saji lainnya, tidak tercegah atau terdetekdi dan terkoreksi pada waktunya oleh pengendalian intern entitas.
·     Detection Risk (Resiko Pendektesian)
Risiko bahwa prosedur yang dilaksanakan auditor untuk menekan risiko audit ke tingkat rendah yang dapat diterima, tidak akan mendeteksisalah saji yang bisa material, secara individu atau tergabung dengan salah saji lainnya.

3.   Melaksanakan Audit Berbasis Risiko
Tiga langkah audit berbasis risiko :
·     Risk assessment (menilai risiko). Melaksanakan prosedur penilaian risiko untuk mengidentifikasi dan menilai risiko salah saji yang material dalam laporan keuangan
·     Risk respone (menanggapi risiko).  Merancang dan melaksanakan prosedur audit selanjutnya yang menanggapi risiko (salah saji yang material) yang telah diidentifikasi dan dinilai, pada tingkat laporan keuangan dan asersi.
·     Reporting (pelaporan).  Tahap melaporkan meliputi : a) merumuskan pendapat berdasarkan bukti audit yang diperoleh; dan b) membuat dan menerbitkan laporan yang tepat, sesuai kesimpulan yang ditarik.

a)   Menilai Risiko/ Risk Assesment
Keharusan dalam tahap risk assessment :
·     Sejak awal, libatkan auditor senior.
Partner (yang memimpin) penugasan dan anggota inti tim audit harus terlibat aktif dalam merencanakan audit, serta dalam merencanakan dan berpartisipasi dalam diskusi antar anggota tim audit. Keterlibatan mereka sejak awal memastikan perencanaan audit memanfaatkan pengalaman dan insight anggota tim senior
·     Tekankan skeptisisme profesional
Auditor tidak dapat diharapkan mengabaikan pengalaman masa lalunya mengenai integritas dan kejujuran manajemen dan TCWG (those charged with governance). Namun kepercayaan bahwa manajemen dan TCWG jujur dan punya integritas, tidak membebaskan auditor dari keharusan mempertahankan skeptisisme profesional.


·     Rencanakan auditnya
Waktu yang digunakan dalam perencanaan audit (mengembangkan strategi audit)akan memastikan bahwa tujuan audit sudah dipenuhi dengan benar, dan pekerja staf audit terfokus pada pengumpulan bukti pada hal-hal yang paling kritikal untuk terjadinya salah saji.
·     Laksanakan diskusi tim audit dan komunikasi berkelanjutan
Diskusi/pertemuan perencanaan tim dengan partner penugasan merupakan forum yang sangat baik untuk :
-          Menginformasikan kepada staf tentang klien secara umum dan membahas area yang berpotensi mengandung risiko
-          Membahas efektifnya strategi audit menyeluruh dan rencana audit, dan, jika perlu, membuat perubahan
-          Bertukar pikiran (brainstorming) mengenai bagaimana kecurangan mungkin terjadi dan kemudian merancang tanggapan yang tepat; dan
-          Menetapkan tanggung jawab audit kepada staf dan menetapkan waktu penyelesaian tugas mereka
·     Fokus pada identifikasi risiko
Langkah terpenting dalam proses penilaian risiko adalah mengidentifikasi semua risiko yang relevan
·     Evaluasi secara cerdas tanggapan manajemen mengenai risiko
Bagaimana manajemen merancang/melaksakan pengendalian untuk memitigasi risiko (salah saji material dalam laporan keuangan) yang sudah diidentifikasi oleh manajemen (sendiri) dan/atau auditor
·     Gunakan kearifan profesional
ISA mengharuskan penggunaan dan kemudian pendokumentasian kearifan profesional (professional judgment) yang penting oleh auditor selam audit.

b)   Menanggapi Risiko/Risk Response
Kutipan ISA 330.3 mengenai tujuan auditor dalam proses ausit tahap 2:
Dalam tahap ini auditor :
·     Menilai risiko bawaan dan risiko pengendalian pada tingkat laporan keuangan dan pada tingkat asersi (untuk setiap jenis transaksi, saldo akun, dan pengungkapan)
·     Mengembangkan prosedur aktif responsif, yakni prosedur audit yang menanggapi risiko yang dinilai.
Tanggapan auditor terhadap risiko yang dinilai untuk risiko salah saji material, didokumentasikan dalam suatu rencana audit yang :
·     Berisi tanggapan menyeluruh atas risiko yang diidentifikasi pada tingkat laporan keuangan
·     Mengangani area laporan keuangan yang material; dan
·     Berisi sifat, luasnya, dan penjadwalan prosedur audit spesifik untuk menanggapi risiko salah saji material, pada tingkat asersi.
Beberapa hal yang menjadi pertimbangan auditor dalam merencanakan kombinasi prosedur audit yang tepat (appropriate mix of audit procedures) untuk menanggapi risiko termasuk berikut ini :
1)      Uji Pengendalian (test of controls)
·        Identifikasi pengendalian intern yang relevan, yang jika diuji dapatmengurangi lingkup  
         prosedur substansif lainnya
·        Identifikasi setiap asersi yang tidak dapat ditangani dengan prosedur substansif saja.
2)      Prosedur Analitikal Substansif (Substansive Analytical Procedures)
    Ini prosedur dimana jumlah total suatu arus transaksi (misalnya penjualan) dapat  
    diperkirakan dengan cukup tepat berdasarkan bukti yang tersedia
3)       Pendadakan (Unpredictability)
    Dalam hal tertentu auditor perlu memasukkan unsur pendadakan (element of predictability
    atau  element of surprise ) dalam prosedur audit, misalnya ketika menanggapi salah saji
    material karena kecurangan.
4)      Management Override
   Auditor juga mempertimbangkan perlunya prosedur audit yang spesifik menangani
   kemungkinan management override atau putusan manajemen untuk meniadakan atau
   mengabaikan pengendalian dengan membuat “pengecualian”
5)      Significant Risks
   Istilah “significant risks” atau “risiko signifikan” dalam isas mempunyai makna khusus

c)       Pelaporan/Reporting
    Tahap terakhir dalam audit adalah menilai bukti audit yag diperlukandan menentukan
    apakah bukti audit itu cukup dan tepat untuk menekanrisiko audit ke tingkat rendah yang
    dapat diterima.
    Dalam tahap ini sangatlah penting untuk menentukan:
·         Setiap perubahan dalam tingkat risiko yang dinilai;
·         Apakah kesimpulan yang ditarik dari pekerjaan audit, sudah tepat;
·         Apakah ada situasi mencurigakan yang dialami; dan
·         Risiko tambahan (yang sebelumnya tidak teridentifikasi) sudah dinilai dengan tepat dan
          prosedur audit selanjutnya, sudah dilaksanakan sebagaimana diwajibkan (ISAs)

    Jika semua prosedur sudah dilaksanakan dan kesimpulan dicapai, maka :
·         Temuan audit dilaporkan kepada manajemen dan TCWG (those charged with governance)
·         Opini audit dirumuskan dan keputusan mengenai redaksi yang tepat untuk laporan auditor,
          harus dibuat.
4.       Dokumentasi
    Dokumentasi audit yang cukup, diharuskan agar auditor yang berpengalaman, yang tidak  
    berhubungan dengan audit ini, memahami:
·         Sifat, jadwal, waktu, dan luasnya prosedur audit yang dilaksanakan
·         Hasil pelaksanaan prosedur tersebut dan bukti audit yang diperoleh; dan
·         Hal-hal penting yang timbul selama audit berlangsung, kesimpulan yang ditarik;dan
          kearifan profesional yang diterapkan untuk sampai pada kesimpulan itu.
Auditor tidak perlu mendokumentasikan :
·         Hal kecil yang dipertimbangkan, atau semua kearifan profesional yang diterapkan dalam
          audit; dan
·        Kepatuhan terhadap hal-hal yang ditunjukkan dengan jelas dalam dokumen lain dalam
         audit file.
Manfaat audit berbasis risiko
1.      Fleksibilitas waktu :
Karena prosedur penilaian risiko tidak menguji transaksi dan saldo secara rinci, prosedur itu dapat dilaksanakan jauh sebelum akhir tahun (dengan asumsu, tidak ada perubahan operasional yang besar).
2.      Upaya tim audit : dengan memehami dimana risiko salah saji material bisa terjadi dalam la poran keuangan, auditor dapat mengarahkan tim audit ke hal-hal berisiko tinggi (high-risk areas) dan mengurangi pekerjaan pada lower-risk areas.
3.      Pemahaman atas pengendalian internal : pemahaman terhadap pengendalian intern memungkinkan auditor mengambil keputusan yang tepat, untuk menguji/tidak menguji efektifnya pengendalian intern.

4.      Komunikasi tepat waktu : pemahaman terhadap pengendalian intern yang meningkat, memungkinkan auditor mengidentifikasi kelemahan dalam pengendalian intern, yang sebelumnya tidak diketahui

Comments

Popular posts from this blog

suwardjono BAB 9 BIAYA

Kasus 6-4 Medoc Company

Diskusi Tim Audit