Diskusi Tim Audit

Diskusi Tim Audit
Tinjauan Umum
Unsur penting dalam sukses penugasan audit manapun, adalah komunikasi yang baik diantara anggota tim audit.
Manfaat komunikasi yang baik adalah:
·         Produktivitas audit
·         Efektivitas audit
·         Pengembangan staf
Komunikasi berkelanjutan yang efektif memerlukan:
·         Keterlibatan penuh dari partner penugasan dan anggota inti lainnya.
·         Kesediaan personel senior untuk mendengar personel yang lebih junior

Pertemuan Perencanaan Tim Audit
 Dalam penugasan yang lebih besar, pertemuan mengenai perencanaandijadwalkan jauh sebelum dimulainya pekerjaan lapangan. Tiga hal yang dibahas selanutnya yaitu sebagai berikut:
·         Berbagi insight tentang entitas
·         Bertukar pikiran (brainstorm)
·         Perencanaan audit.

Berbagi Insight Tentang Entitas
Pertemuan tim audit memeberikan kesempatan kepada partner penugasan dan anggota tim untuk berbagi insight mengenai entitas, misalnya tentang manusia, kegiatan, dan tujuan entitas. Tujuan pertemuan tim audit ialah untuk membahas secara terbuka hal-hal berikut:
·         Entitas
·         Manajemen
·         Faktor risiko yang diketahui

Bertukar Pikiran
Pertemuan penugasan dalam hal ini adalah bertukar pikiran (brainstorming) mengenai gagasan-gagasan dan pendekatan audit yang mungkin diterapkan sebagai berikut:
·         Potensi untuk kesalahan (errors) dan kecurangan (fraud)
·         Tanggaoan terhadap risiko
·         Perencanaan audit

Komunikasi Selama dan pada Akhir Audit
Diskusi tim janganlah dibatasi dalam pertemuan-pertemuan mengenai perencanaan audit. Tim audit perlu didorong untuk berkomunikasi dan berbagi informasi yang mereka peroleh, dengan berbagai relevansinya, khususnya ketika informasi itu berdampak pada penilaian risiko dan prosedur audit yang direncanakan.



Comments

Popular posts from this blog

suwardjono BAB 9 BIAYA

Kasus 6-4 Medoc Company